House Training persiapan Daring

IHT: Kepala SMP Negeri 2 Ungaran Lilik Nurcholis memberikan laporan pelaksanaan in house training di depan Kepala Disdikbudpora Kab. Semarang Sukaton Purtomo Priyatmo, Jumat (9/7/20).
UNGARAN – SMP Negeri 2 Ungaran menyelenggarkan in house training (IHT) selama tiga hari mulai tanggal 9 sampai dengan 11 Juli 2020 untuk seluruh guru di kampus Espero. Dalam laporannya, Lilik Nurcholis, kepala SMP Negeri 2 Ungaran menyampaikan bahwa IHT ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan para guru untuk menyelenggarakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 ini. Sebagaimana diketahui bahwa selama pandemi ini seluruh sekolah di Indonesia melakakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan moda daring.

Lilik menambahkan, materi IHT difokuskan pada penggunaan perangkat lunak dalam rangka mendukung pelaksanaan daring yaitu pengenalan micosoft office 365, dan penggunaan google classroom. Dalam pelaksanaan IHT tersebut sekolah bekerja sama dengan SMA Negeri 12 Semarang untuk narasumber micosoft office 365 yang disampaikan oleh Agung T dan Ardan Sirodjudin dari SMK Negeri 1 Tuntang untuk materi google classroom.

Dalam sambutan Sukaton menyampaikan bahwa tahun pelajaran baru tetap dimulai tanggal 13 Juli 2020. Dalam masa transisi, SMP sudah boleh mulai pembelajaran di sekolah jika memenuhi persyaratan berada di zona hijau, mendapat ijin dari pemerintah daerah, memiliki sarana prasarana yang memadai untuk protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, dan diijinkan orang tua peserta didik. “Ini merupakan fase kedua untuk daring, maka guru harus lebih siap dalam merencanakan pembelajaran, blended learning merupakan pilihan yang pas untuk menekan biaya kuota yang dikeluarkan orang tua peserta didik”, papar Sukaton. (esp-1)