VISI , MISI DAN TUJUHAN SEKOLAH

A. VISI

“Terdepan dalam perilaku luhur dan unggul dalam prestasi”
Dengan indikator pencapaian visi sebagai berikut :
Taat dalam melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan masing-masing
Terdepan dalam dalam mewujudkan nilai-nilai nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas
Unggul dalam prestasi akademik
Unggul dalam prestasi nonakademik
Unggul dalam penguasaan informasi dan teknologi

B. MISI

Mewujudkan seluruh warga sekolah yang taat terhadap ajaran agama dan kepercayaan masing-masing;
Mewujudkan warga sekolah yang kuat dalam mengimplementasikan nilai-nilai nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas;
Memfasilitasi siswa dalam meraih prestasi akademik dengan optimal;
Memfasilitasi siswa dalam meraih prestasi nonakademik dengan optimal;
Memfasilitasi penguasaan informasi dan teknologi bagi seluruh warga sekolah.

C. TUJUAN
Mengacu pada visi dan misi yang telah disepakati, maka tujuan pendidikan di SMP Negeri 2 Ungaran adalah :
Sampai pada akhir tahun ajaran 2020/2021 setiap siswa muslim mengikuti semua kegiatan yang diorganisasi oleh ROHIS dan kerohanian lain.
Sampai pada akhir tahun ajaran 2020/2021 setiap siswa mengikuti kegiatan yang implementasi pendidikan karakter yang diorganisir oleh OSIS.
Sampai pada akhir tahun ajaran 2021/2022 sekolah telah dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 80 untuk semua mata pelajaran;
Sampai pada akhir tahun ajaran 2021/2022 siswa dapat meraih tiga besar tingkat kabupaten untuk kompetisi Olimpiade Siswa Nasional (OSN), Olimpiade Penilitian Siswa Indonesia (OPSI), Mata pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) dan kompetisi akademik lainnya;

Sampai pada akhir tahun ajaran 2021/2022 siswa dapat meraih tiga besar tingkat kabupaten untuk kompetisi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN), Pekan Olah Raga Daerah (POPDA), dan kompetisi akademik lainnya;
Sampai pada akhir tahun ajaran 2019/2020 semua guru dapat mengoperasikan microsoft office words, excel, dan powerpoint untuk memfasilitasi pembelajaran.
Sampai pada akhir tahun ajaran 2019/2020 semua guru minimal menguasai aplikasi google classroom untuk memfasilitasi pembelajaran;
Sampai pada akhir tahun ajaran 2020/2021 sekolah memiliki minimal 15 aksespoint untuk memfasilitasi pembelajaran;
Sampai pada akhir tahun ajaran 2020/2021 sekolah memiliki web dan SIM untuk memfasilitasi pembelajaran;
Sampai pada akhir tahun ajaran 2020/2021 sekolah dapat memfasilitasi pembelajaran dengan komputer minimal untuk tiga laboratorium komputer
Sampai pada akhir tahun ajaran 2019/2020 semua guru minimal menguasai aplikasi google classroom untuk memfasilitasi pembelajaran;
Sampai pada akhir tahun ajaran 2020/2021 sekolah memiliki minimal 15 aksespoint untuk memfasilitasi pembelajaran;
Sampai pada akhir tahun ajaran 2020/2021 sekolah memiliki web dan SIM untuk memfasilitasi pembelajaran;
Sampai pada akhir tahun ajaran 2020/2021 sekolah dapat memfasilitasi pembelajaran dengan komputer minimal untuk tiga laboratorium komputer.